Tuesday 10 November 2015

Pertolongan pertama pada Gigi patah, gigi tanggal, dan sakit gigi

Tags

Gigi adalah aset berharga yang harus dijaga kebersihanya, karena jika gigi sudah sakit rasa nyerinya pun sampai ke ubun ubun. maka dari itu anda harus menjaga kebersihan gigi. Tetapi jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan yang bisa membuat gigi anda patah atau gigi anda tanggal. Pertolongan pertama pada gigi apa yang harus anda lakukan ? Anda tidak perlu kawatir, karena artikel kali ini akan membahas mengenai pertolongan pertama pada gigi patah, gigi tanggal, dan sakit gigi.
gigi patah gigi patah gigi patah



Ada beberapa pertolongan pertama pada gigi yang harus anda ketahui
1. pertolongan pertama pada gigi patah
2. pertolongan pertama pada gigi tanggal
3. pertolongan pertama pada sakit gigi

oke kita akan bahas satu persatu,

1. Pertolongan pertama pada gigi patah
 Jika gigi anda patah, maka pertolongan pertama yang dapat diberikan antara lain:
- kompres area gigi yang patah dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan.
- Patahan gigi disimpan, dimasukkan kedalam wadah yang didalamnya terdapat susu cair atau bungkus gigi dengan kain basah. (supaya patahan gigi tidak mati)
- Segeralah pergi ke dokter.


2. Pertolongan pertama pada gigi tanggal
      Pertolongan pertama pada gigi tanggal dibedakan menurut usia gigi, apakah termasuk gigi susu atau gigi permanen.
      Pada anak - anak kurang dari 7 tahun (gigi susu), jika terjadi patah gigi dapat dikompres dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada gigi yang tanggal. Jika anak mau, dapat diberikan es batu untuk dikulum di mulut untuk mengurangi pembengkakan.

     Pada orang dewasa (gigi permanen), gigi yang tanggal dapat di pasang kembali jika kurang dari 20 menit dan segera pergi ke dokter gigi. Adapun pertolongan pertamanya antara lain:

- Pegang gigi yang tanggal pada mahkotanya bukan pada akaranya.
- Jangan bersihkan gigi yang tanggal atau menggosokan dengan benda apapun.
- bilas gigi dengan air dingin yang mengalir selama 10 detik.
- Jika dimungkinkan, masukkan kembali gigi kedalam mulut pada tempatnya semula, setelah itu gigit kain yang sudah dibasahi dengan air dingin untuk menahan gigi yang tanggal pada posisinya.
- Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka segera masukkan gigi ke dalam wadah yang berisi susu cair atau simpan dalam mulut.
- Segera pergi ke dokter gigi.

3. Pertolongan pertama pada sakit gigi
      Penyebab utama sakit gigi adalah gigi berlubang dan masalah pada gusi. Walaupun, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh kelainan lain di luar gigi, seperti kelainan di hidung, telinga bahkan jantung.

Pertolongan pertama pada sakit gigi yang harus anda lakukan :

- untuk mengurangi rasa sakit dapat minum obat pengurang sakit seperti paracetamol atau aspirin. Akan tetapi aspirin tidak boleh digunakan pada anak anak karena dapat menimbulkan komplikasi serius.
- Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, panas atau dingin maupun yang pedas karena dapat mengiritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa sakit.
- Berkumurlah dengan air garam yang hangat setiap jam.
- Pada gigi berlubang, sumbatlah lubang tersebut dengan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak cengkeh.
- Segera ke doker gigi jika sakit berlanjut.


Baca juga mengenai Makanan yang tidak boleh di konsumsi bersamaan dengan obat